Kamis, 25 Agustus 2011

Mengecilkan Ukuran File Foto dengan Photoshop

Tutorial Photoshop - Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan sedikit trik untuk mengecilkan ukuran file foto dengan menggunakan photoshop. Kapan ukuran file foto harus dikecilkan?. Ukuran file foto perlu diperkecil ketika anda ingin mengupload foto tersebut, baik untuk facebook atau yang lainnya. Lalu kenapa harus dikecilkan ?. Karena dengan mengecilkan ukuran file foto, proses upload akan lebih ringan dan cepat.

Buka program Adobe Photoshop, tekan CTRL + O untuk membuka foto.

Membuka Foto

Tekan ALT + CTRL + I atau klik menu image pilih image size. Akan muncul kotak dialog image size. Dapat anda lihat pada bagian pixel dimension (dimensi : lebar/width dan tinggi/height) ubah satu bagian saja, apakah itu lebarnya ataupun tingginya.

Image Size

Pixel Dimensions : Lebar x Tinggi

Untuk memperoleh ukuran file foto yang kecil anda harus mengecilkan salah satu dimensi foto, apakah itu lebarnya ataupun tingginya secara otomatis ukuran file akan ikut mengecil sejalan dengan pengecilan ukuran foto / dimensi foto.

Ubah width/lebar untuk foto yang landscape dan ubah height/tinggi untuk foto yang portrait. Foto yang diambil dengan menggunakan kamera digital biasanya memiliki dimensi yang sangat besar, mulai dari 2000 px hingga 5000 px, bahkan foto yang diambil dari kamera HP pun terkadang memiliki ukuran dimensi yang tidak kalah besar dari 1000 px hingga 2000 px. Ubah nilai menjadi 720 pixels untuk kebutuhan upload facebook lalu klik tombol ok.

Mengubah Ukuran

Simpan ulang foto, klik file pilih save as, simpan dengan nama yang berbeda dari nama foto sebelumnya agar tidak replace (jika nama tidak diubah maka foto dengan ukuran sebelumnya akan hilang digantikan dengan foto yang telah diubah ukurannya). Pilih format file .JPEG.

Save Foto

Kurangi nilai quality save as-nya untuk ukuran file yang lebih kecil. Namun perlu diingat bahwa penurunan nilai quality ini akan mempengaruhi ketajaman gambar, maka dari itu penurunan nilai quality boleh saja dilakukan atau tidak dilakukan sama sekali.

Menurunkan nilai Quality


Perbandingan Ukuran
Demikian sedikit trik dari saya, semoga dapat bermanfaat. Nantikan posting berikutnya, tetap Belajar Photoshop. Untuk mendapatkan update informasi tutorial terbaru dari blog ini & untuk tanya jawab langsung seputar Photoshop, silahkan follow twitter kami @GrafikPalet
.
.

Baca juga postingan dibawah ini :



6 komentar:

  1. hebat brow,,,,,

    diriku menyimak topik potoshop anda dari awal sampe akhir, mantap untuk di mengerti.

    jangan penah berhenti untuk membagi fikiran anda, karena disini masih butuh belajar.

    terima kasih

    BalasHapus
  2. Terimakasih banyak kawan, telah membagi ilmunya. teruslah berkarya. Salam damai

    BalasHapus
  3. nice tips..

    o iya kalau memeperkecil objek yang mau diletakkan di backgroud gmana ya bro??? soalnya pngennya begrond lbih besar...

    BalasHapus
  4. thanks gan buat artikelnya... cukup membantu :)
    Rajalistrik.com

    BalasHapus
  5. tutorial yang bagus broo..
    buat sobat blogger yang ingin download desain gratis file vector, silahkan kunjungi halama saya ---> http://4freeedesain.blogspot.com/

    BalasHapus