Rabu, 10 Agustus 2011

Mengatur Teks Paragraf Pada Photoshop

Tutorial Photoshop - Pada tulisan pertama ini saya akan memberikan sedikit tips pengaturan teks paragraf pada program photoshop. Teks yang dibuat dengan menggunakan photoshop memiliki 2 tipe, yang pertama teks kata dan yang kedua adalah teks kalimat, untuk teks kata pengaturan paragraf tidak dapat dilakukan namun untuk teks kalimat pengaturan paragraf dapat dilakukan melalui palet paragraph.

Cara membedakan teks kata dan teks paragraf adalah dapat dilihat dari proses pembuatan teks tersebut, untuk teks kata dibuat dengan cara memilih teks tool lalu mengklik 1x pada area canvas / gambar kemudian mengetik sebuah kata / kalimat singkat setelah kursor terlihat berkedip. Sedangkan untuk teks kalimat dibuat dengan cara mengklik lalu drag membentuk sebuah kotak area teks, teks yang akan dibuat selanjutnya tidak akan keluar dari kotak tersebut.

Teks Kata


Teks Kalimat

Dapat dilihat bahwa teks kalimat diatas berbentuk paragraf dengan perataan kiri, banyak pengguna photoshop tidak mengetahui cara untuk membuat perataan justify seperti layaknya pengaturan pada program office karena pada bagian option bar photoshop hanya terdapat tiga opsi pengaturan paragraf yaitu left, center dan right.

Untuk pengaturan teks paragraf pada program photoshop dapat dilakukan melalui palet paragraph, palet ini dapat dimunculkan melalui menu window kemudian klik paragraph. Blok seluruh teks paragraf lalu klik justify last left pada palet paragraph.

Memunculkan Palette Paragraph

Blok Semua Teks Lalu Klik Justify

Hasil Pengaturan Teks Paragraf

Teks paragraf ini biasanya sering dimanfaatkan dalam pembuatan desain brosur ataupun katalog agar isinya terlihat lebih rapih. Demikian sedikit tips dari saya, semoga bermanfaat. Nantikan posting berikutnya, tetap Belajar Photoshop. Untuk mendapatkan update informasi tutorial terbaru dari blog ini & untuk tanya jawab langsung seputar Photoshop, silahkan follow twitter saya @tomymeilando
.
.

Baca juga postingan dibawah ini :



2 komentar: