Kamis, 11 Agustus 2011

Membuat Background Garis Cahaya dengan Photoshop

Tutorial Photoshop - Bagi anda yang ingin membuat sebuah desain awalnya pasti berfikir tentang bentuk dan warna background yang cocok dan pas untuk desain yang akan dibuat, pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan sedikit trik pembuatan background garis cahaya dengan memanfaatkan warna gradasi dan objek yang sudah disediakan secara default oleh photoshop.

Klik menu file lalu pilih new untuk membuat canvas baru atau tekan CTRL + N pada keyboard, sesuaikan ukuran canvas dengan kebutuhan dari desain yang ingin anda buat, untuk kali ini saya menggunakan ukuran 640 x 480 pixels.

Tekan SHIFT + CTRL + N untuk menambahkan layer baru kedalam canvas, perhatikan palette layer. Selanjutnya pilih gradient tool pada toolbox untuk pembuatan warna background.
Membuat Canvas Baru
Menambahkan Layer Baru
Menggunakan Gradient Tool
Pilih tipe radial gradient, atur warna depan dan warna belakang. Pilih warna depan dengan warna yang terang dan warna belakang dengan warna yang gelap.
Radial Gradient untuk Tipe Gradient
Mengubah Warna Depan & Belakang
Tarik gradient dari tengah canvas ke arah luar canvas, warna gradient akan masuk kedalam canvas. Selanjutnya pilih custom shape tool pada toolbox.
Menarik Gradient
Memilih Custom Shape Tool
Pilih custom shape dengan mode shape, pilih warna putih pada bagian option bar kemudian pilih custom shape dengan nama registration target 2.
Mengubah Warna Custom Shape
Memilih Custom Shape
Sebelum custom shape ditarik ke canvas alangkah baiknya terlebih dahulu tampilan canvas di perkecil dengan menggunakan zoom tool mode zoom out (CTRL + -). Tarik custom shape diatas canvas sampai lingkaran shape berada diluar canvas.
Menarik Custom Shape
Sebagai penyempurnaan hasil akhir, kurangi opacitynya (nilai transparansi) hingga 20%.
Mengurangi Nilai Opacity
Hasil Akhir

Style background seperti ini dapat dimanfaatkan dalam pembuatan desain brosur ataupun x-banner dengan penyesuaian ukuran canvas dan shapenya. Demikian sedikit tutorial dari saya, pada kesempatan yang lain saya akan memberikan style pembuatan background yang tidak kalah kren dan juga mudah dalam pembuatan pastinya, semoga bermanfaat. Nantikan posting berikutnya, tetap Belajar Photoshop. Untuk mendapatkan update informasi tutorial terbaru dari blog ini & untuk tanya jawab langsung seputar Photoshop, silahkan follow twitter saya @tomymeilando
.
.

Baca juga postingan dibawah ini :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar