Jumat, 02 September 2011

Menghapus Orang Dalam Foto dengan Photoshop

Tutorial Photoshop - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit trik untuk menghilangkan objek dalam foto atau dengan kata lain kita dapat menghapus seseorang didalam foto. Caranya cukup mudah tetapi butuh kejelian dalam proses menghapus objek dalam foto karena trik kali ini tidak berlaku untuk beberapa kondisi tertentu dalam sebuah foto.

Tekan CTRL + O untuk membuka foto. Sebelum proses penghapusan objek izinkan saya sedikit menjelaskan teknik penghapusan yang akan saya berikan.
Trik kali ini memanfaatkan tekstur sekitar objek / orang untuk diambil dan kemudian ditempel diatas objek / orang sehingga tekstur tersebut menutupi objek / orang yang membuat seolah-olah objek menghilang.
Membuka Foto
Perhatikan foto yang saya pilih, tekstur yang saya gunakan untuk menutupi objek tersebut adalah langit dimana nanti langit disekitar objek akan diduplikasi untuk ditempel diatas objek sehingga objek seolah menghilang. Foto ini memungkinkan kondisi tersebut, jika foto anda tidak memiliki tekstur yang tepat maka trik ini kurang cocok diterapkan pada foto anda.

Pilih patch tool pada toolbox, jika anda tidak dapat menemukan patch tool coba anda cari spot healing brush pada toolbox lalu klik kanan, maka patch akan muncul dalam kelompoh healing brush.

Memilih Patch Tool

Klik kiri TAHAN patch tool dimulai dari satu sisi lalu TARIK mengelilingi objek yang akan dihilangkan. Buat seleksi secara memutar, anggap saja anda memotong sebuah objek dari lembar majalah. Temukan titik awal dan titik akhir sehingga seleksi (garis putus-putus) akan terbentuk mengelilingi objek.

Proses Menyeleksi Objek


Hasil Seleksi Objek

Selanjutnya klik kiri dari tengah seleksi, tahan klik lalu bawa seleksi tersebut menuju tekstur target yang diinginkan. Pilihlah tekstur yang tepat untuk menutupi objek. Secara otomatis objek didalam foto akan menghilang ditutupi tekstur yang telah dipilih. Ulangi proses penarikan (pemilihan tekstur) jika hasil akhir masih kurang bersih / belum maksimal.

Hasil Seleksi

Menarik Patch

Hasil Penutupan Tekstur

Jika hasil akhir masih belum rapih / bersih coba ulangi proses seleksi yang lebih rapih atau pilihlah tekstur lain yang lebih tepat. Tekan CTRL + D untuk menghapus seleksi jika hasil akhir dirasakan sudah cukup.

Hasil Akhir


Contoh Lain

Hasil Akhir
Nantikan posting berikutnya, tetap Belajar Photoshop. Untuk mendapatkan update informasi tutorial terbaru dari blog ini & untuk tanya jawab langsung seputar Photoshop, silahkan follow twitter saya @tomymeilando follow juga instagram saya @tomymeilando7 dan Subscribe Channel Youtube saya : Tomy Meilando di Channel Youtube tersebut, saya upload video tutorial photoshop setiap hari, jangan sampai ketinggalan ya.
.
.

Baca juga postingan dibawah ini :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar