Jumat, 12 Agustus 2011

Menghapus Background Putih dengan Photoshop

Tutorial Photoshop - Jika ditanya cara termudah menghapus background foto, tentu jawabannya adalah menghapus background foto putih atau background yang dikategorikan hanya memiliki satu warna saja (solid). Mengapa demikian ? karena photoshop menyediakan alat khusus untuk menghapus background satu warna yang bisa dikatakan sangat mudah digunakan meskipun memiliki kekurangan. Mau instan? jelas, pasti ada kekurangan.

Klik menu file pilih open atau tekan CTRL + O untuk membuka gambar. Pilih gambar yang memiliki background putih atau background satu warna. Kali ini saya menggunakan foto honda blade repsol 2011.

Gambar yang digunakan

Setelah foto dibuka, klik 2x icon gembok yang terdapat pada palette layer, icon tersebut tepat di sisi kanan layer background. Ketika gembok dibuka maka background foto siap dihapus.

Add caption

Pilih magic eraser tool pada toolbox lalu klik 1x pada background putihnya dan secara otomatis background putih akan dihapus. Jika ada bagian gambar yang ikut terhapus maka perlu untuk mengurangi nilai tolerance yang bisa diatur pada option bar. Untuk bagian yang belum terhapus cukup klik pada bagian tersebut.

Magic Eraser Tool

Menghapus Background

Background yang telah terhapus ditandai dengan simbol kotak catur putih abu-abu yang berarti tanpa background / transparan. Simpan hasil dengan cara klik menu file pilih save as, simpan dalam format .PSD, .GIF atau .PNG. Gambar tanpa background tersebut juga dapat digabung (gunakan move tool : klik kiri tahan dari gambar motor kemudian tarik ke background) dengan background yang pernah dibuat pada tutorial sebelumnya. 

Menyimpan Hasil

Hasil Akhir

Nantikan posting berikutnya, tetap Belajar Photoshop. Untuk mendapatkan update informasi tutorial terbaru dari blog ini & untuk tanya jawab langsung seputar Photoshop, silahkan follow twitter saya @tomymeilando follow juga instagram saya @tomymeilando7 dan Subscribe Channel Youtube saya : Tomy Meilando di Channel Youtube tersebut, saya upload video tutorial photoshop setiap hari, jangan sampai ketinggalan ya.
.
.

Baca juga postingan dibawah ini :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar